Tips & Trik

Tips Berkendara Yang Aman Agar Selamat Sampai Tujuan

Buat om tan yang sudah mahir atau baru belajar mengendarai mobil, nggak ada alasan untuk selalu mengutamakan keselamatan dalam berkendara. Kadang ada saja yang mengabaikan keselamatan karena merasa sudah merasa mahir dalam berkendara.

Lebih baik mencegah dari hal-hal yang tidak diinginkan kan? berikut ini ada beberapa tips berkendara yang aman agar kita bisa selamat sampai tujuan dan bisa berkumpul kembali dengan keluarga setelah bepergian.

Jangan Pernah Menggunakan Telpon Genggam

Meski ada panggilan atau harus membalas pesan singkat yang teramat penting sekalipun, jangan coba-coba menggunakan telpon genggam saat berkendara. Soalnya, menggunakan telpon genggam saat berkendara itu dapat memecah konsentrasi kita.

Oh ia, perlu diketahui juga buat om atau tan yang belum sadar dan nggak peduli akan hal ini, perlu di ketahui kalo saat om dan tan menggunakan telpon genggam saat berkendara, pasti banyak pengendara lain disekitar yang lihat dan murka loh, salh satunya saya.

Periksa Kondisi Kendaraan Sebelum Mulai Berkendara

Nah ini salah satu tips berkendara yang aman, tapi pasti jarang dilakukan oleh om dan tan. Ada baiknya sebelum mulai berkendara, cek kondisi kendaraan kita, periksa seluruh ban, hingga ban cadangan, wiper, lampu-lampu, cek lampu indikator, terutama indikator bensin yah om, siapa tau menyala karena nggak ada bensin. Oh ia kalo ternyata ada masalah pada kendaraan kita, jangan pernah memaksakan untuk tetap berkendara, segera bawa ke bengkel.

Pastikan Kondisi Pengendara Dalam Keadaan Fit

Ketika om dan tan lagi sakit dan sedang mengkonsumsi obat-obatan yang dapat menyebabkan kantuk, jangan coba-coba untuk berkendara yah. Sebaiknya istirahat saja di rumah atau minta dikemudikan orang lain.

Selain itu, jangan pernah juga berkendara dibawah pengaruh minuman beralkohol, sudah terlalu banyak kecelakaan yang terjadi karena ini. Selalu Ingatkan teman, sodara, atau orang-orang di sekitar om dan tan yah, jangan pernah biarkan siapapun berkendara apalagi sendiri ketika kondisinya kurang fit.

Lakukan pemeriksaan Kendaraan Secara Berkala

Ini nggak kalah penting! Jangan lupa untuk rutin melakukan service dang anti oli di bengkel kepercayaan om dan tan, sebaiknya kebengkel resmi sih. Jangan lupa juga untuk minta ke montirnya melakukan pemeriksaan secara menyeluruh, apalagi buat om dan tan yang nggak begitu mengerti dengan mesin.

Patuhi Rambu-Rambu Lalu Lintas

Ketika om dan tan sudah turun ke jalan, pasti Anda sudah mengantongi SIM dan paham dengan peraturan lalu lintas dong.  Untuk itu jangan sekali-kali melanggar peraturan lalu lintas yah, meski sekecil tidak menggunakan sabuk pengaman. Soalnya peraturan lalu lintas dibuat dan dianalisa oleh para ahli agar kita dapat aman di jalan.

Baca Juga: Daftar Mobil Terlaris Sepanjang 2019

Bagikan artikel ini: